Kisah Berdirinya Robek

Busyet panjang banget Subjeknya Oom .. keq…keq..keq… maklum lagi semangat empat lima neh …
Masih tergiang dalam ingatan saya .. seminggu setelah Goes perdana (tanggal 12 Januari 2007 (udah setahun neh B2W ..keq..keq..keq…masih kalah lama dengan yang lain) dapat Undangan untuk hadir di Acara Tasyakuran di Rumah Oom Jonardhi … maklum saja lagi seneng-senangnya bisa gabung sama Rombongan Lenedaris ROBEK’ers. Waktu itu inget banget kagak naik sepeda .. dipaksa pulang cepat kerumah trus lanjut ambil motor nyusul kerumah Oom Jo’
Harapan Indah Pulogebang dilibas dalam beberapa tarikan panjang … ngak berapa lama sudah sampai di bantaran Kalimalang .. sekarang tinggal bingung rumah Oom Jo dimana … walhasil jadilah Mr ring..ring (bentar-bentar telpon dan menerima telpon) berkat panduang Oom Tony dan Oom teko akhirnya ketemu Rumah Sahibul Hajat.
Seminggu sebelumnya waktu Goes perdana (12 Jan 2007) sempat diadakan party kecil oleh temen2 ROBEK’ers setelah lelah goes dari PaFest sampai Kalimalang sempat singgah di Soto Batok (sekarang tempat ini sudah tidak ada…berganti nama) mangkanya ngak enak kalau kemarin sudah dirayakan sekarang saat acara Ultah Oom Jo ngak ikut keceriaan teman2 lainnya, rindu sama kegilaannya ..senang dengan canda tawanya .. pokoknya seru deh.
Sampai dirumah Oom Jo sudah separuh acara …loh koq bisa tauk …soalnya Nasi Uduk yang disediakan sudah habis disantap oleh temen2 ROBEk’ers .. beruntung masih ada potongan paha dan kepala ayam goreng … tinggal kerupuknya ajah yang banyak .. parahnya lagi sudah nasi tinggal sedikit Oom teko pake acara nambah lageh.
Nuansa kekeluargaan terasa sekali saat kita masuk dalam ruangan .. teman-teman lainnya bersimpuh lesehan di ubin tanpa alas tikar, ditengah ada meja bundar dengan beberapa toples kue lebaran … hayah koq inget banget ya … maklum aja waktu itu semua seperti sodara tidak ada yang membedakan satu dengan lainnya, kenyang makan minum dan saling cela .. timbul Gagasan dari MTB (mamad tetep Bewok) untuk sekalian mendeklarasikan pembentukan ROBEK’ers mumpung yang kumpul banyak kalau ngak salah ada sekitar tujuh belas orang, bermodal secarik robekan kertas dan dengan rasa demokrasi yang tinggi mulailah dicatat siapa-siapa yang mendapat kepercayaan tampuk Pimpinan Rombongan Legendaris ini.
Semula kandidat kuat adalah Tuan Rumah sendiri … Oom Jo, sepak terjang dan pancalan pedalnya sudah ngak diragukan lagi ..siapa yang ngak kenal Bagian Litbang B2W Pusat ini .. semua sepakat mencantumkan nama Oom Joenardi di baris paling atas, tapi Up’s .. Oom Jo angkat tangan bukan menolak namun dengan bijak sehubungan dengan tugas dan fungsi beliau di bagian Litbang takut konsentrasinya tidak terfokus jadi kalau bisa ditunjuk anggota lainnya untuk menggantikan posisi Oom Jo’.
Semua makfum dengan kebertaan yang Oom Jo sampaikan … terdiam sejenak meikirkan siapa yang pantas mendapat tongkat estafet kepemimpinan .. enam belas pasang mata akhirnya tertuju pada Oom Tony pria kecil yang pipinya montok serta berambut plontos diminta untuk memegang jabatan Ketua. Kalau dari tinggi badan Oom Tony (OT) memang kecil tapi kalau dilihat dari aktifitas dan kegiatan persepedahan jangan ditanya hampir setiap hari OT naik sepeda ke Kantor ngak puas sampai disitu kalau libur Ot sering main ke JJ untuk latih turunan terjal.
Dengan sedikit malu dan tersipu OT menerima tanggung jawab itu … Huraiy … semua berteriak karena sekarang ROBEK sudah punya Ketua yang masih muda serta belum berkeluarga .. hayah …ngak ada hubungannya deh .. yang penting Gabetannya banyak ya…ngak Oom … (Oom Diding makan permen Just Kidding Man … ) ngak lengkap rasanya kalau sudah ada Ketua tapi ngak ada pembantu lainnya … merasa terpanggil dan mau belajar berorganisasi akhirnya saya memberanikan diri mengacungkan tangan untuk jadi Sekretaris …(Gubrak .. Sekretaris koq Cowok seh … ngak ada Ceweknya apa … ) ya begitulah … nanti kalau sudah ada Ladies Robek’ersnya akan ganti alih. Mungkin karena kesamaan saja sama-sama plontos dengan Ketua rambutnya.
Mulailah seribu rencana dan angan-angan tergulir dari setiap Anggota, untuk memudahkan acara ditunjuk Oom Deno sebagai Seksi Kegiatan .. Dosen yang satu ini hapal banget soal Event sepeda .. buktinya kepalanya sampai plontos … lagi model ya Oom, seribu kegiatan ngak bakal jalan kalau ngak disertai dana yang mendukung .. nach loe ..ngak tanggung-tanggung sebagai bendahara ditunjuk Oom Teko yang kebetulan juga berambut tipis, sehari-hari kerja di E&Y ..biar sekalian di audit pembukuannya Alhamdulilah setahun berjalan Oom Teko sudah bekerja dengan sungguh-sungguh terhitung sudah dua belas laporan keuangan yang di publish pada anggota sungguh Transparansi sekali, Thk’s Bro .. kami bangga memilih anda sebagai bendahara.
Agak kurang kompak neh kalau dari ketua Sekretaris Seksi Kegiatan dan Bendahara sudah terpilih tinggal Seksi Humas saja .. akhirnya dipilih Oom Bimo kalai ini rambutnya ngak botak hanya ABCD 9Abri Bukan Cepak Doang) sebagai seksi Humas .. penghubung anatara ROBEK dengan Pengurus B2W Pusat, yang selalu setia ada pada urutan paling belakang saat Konvoi Sepeda.
masih ada teman-teman yang lain seperti Oom Buday – Oom Azis ,..dan Oom-Oom yang lain … Singkat cerita di hari Ulang Tahun Oom Jo pada tangga 19 Januari 2007 terbentuklah Rombongan bekasi dan Sekitarnya atau yang lebih terkenal dengan sebutan ROBEK’ers. Kegiatan demi kegiatan dilalui bersama dengan keceriaan dan kerja sama saling membantu satu dengan lainnya, pernah bikin aksi Kampanye sekalian On Air di radio Dakta Bekasi, mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh pengurus B2W Pusat adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.
Kadang propaganda yang diberikan terlalu berlebih ..lihat saja saat menghantar Firast Ladies Robek’ers ..terkumpul puluhan orang mengawal Nte Fitri dari rumahnya di Galaxy sampai di Kantor Samudra Indoneisa Slipi Jakarta, bahkan Oom Toto sebagai Ketua Umum menyempatkan diri untuk mengawal perempuan pertama di bekasi yang berani naik sepeda ketempat kerja (ada Piagam penghargaannya loh .. keq..keq..keq…)
Seiring dengan putaran waktu makin banyak yang tergabung dalam anggota ROBEK’ers … tercatat dalam Daftar Anggota lebih dari 50 (Lima Puluh Orang) Anggota yang sudah mengembalikan Formulir keanggotannya .. semua tercatat mulai dari alamat rumah – kantor – sampai jarak dan frekuansi Goes setiap minggunya. belum lagi yang underground … anggota yang ketemu dijalan dan diberikan Bike Tag serta Marchandise lainnya jumlahnya sudah puluhan orang … sekarang kalau melihat ada pesepeda yang menuju arah Jakarta dari bekasi dengan Bike Tag dibelakang sadel mereka itu adalah buah dari kegiatan dan Kampanye yang dilakukan oleh teman-teman ROBEK’ers.
Alhamdulilah untuk urusan alat propaganda kami tidak perlu repot-repot apalagi setelah Oom Blacken bergabung dalam ROBEK’ers … Aktivis Badan Executive Mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi ini paling getol banget kalau suruh memproduksi media propaganda terbukti Ribuan lembar Flyer sudah tersebar seantero jagat raya .. belum lagi kreasinya bikin Bike Tag dengan cara Swakelola . .dia yang bikin film negatifnya .. dia yang beli alat screen sablomnya ..dan dia sendiri yang nyamblon dipelataran rumahnya .. mangkanya ngak heran kita bisa menekan biaya Propaganda dengan uang sekedarnya.
Sore hari ini teman-teman diundang kembali kerumah Oom Jo’ sekedar silaturahmi dan kumpul kangen .. maklum saja dengan kesibukan yang dilakukan masing-masing Anggota dan masih jarangnya event kegiatan .. membuat ritme pertemuan jarang sekali … terakhir mungkin yang paling besar saat acara Buka Puasa Bersama dirumah Nte Fitri lepas hari raya kemarin. Tapi kegiatan-kegiatan kecil tetap dilakukan seperti Ekpedisi Muara Gembong dan beberapa kegiatan jelajah turunan terjal.
Pagi ini saya sempat ketemu dengan Oom Blacken di simpang TL Yamaha Jl. Raya Bekasi .. Oom Blaken masih setia dengan Jalur Utaranya .. membuka jalur baru sebagai bentuk pengembangan wilayah Kampanye B2W, sama juga sempat ketemu dengan UJ (Ustadz Janggut – Oom Hary Latu) kali ini dia ngak pakai Pinky Boy … niatan semula saya ingin ketemu sama teman-teman di Pit Stop C4 – Pancoran .. tapi sudah Pk. 07:00 belum ada yang kumpul disana biasanya dulu teman-teman ROBEK memilih C4 sebagai titik pertemuan ..bergabung dengan teman ROGAD dan rombongan lainnya.
Sempat tercatat dibulan Agustus saat Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 62 … terkumpul ENAM PULUH DUA Goeser memadati Jl. Gatot Subroto mereka berasal dari ROBEK – RODEK – ROGAD dan Rombongan lainnya … cukup meriah memang… hitung-hitung aksi mereka sebagai Hadiah Ulang Tahun Republik tercinta.
Sore ini kalau ngak salah di PaFest juga akan ada peliputan dari Tabloid Nova .. pastinya bakal ramai didatangai oleh para Goeser … ngak salah kalau saja Bulan Januari ini dijadikan sebagai Bulan Pertemuan … dimana kita berusaha menghimpun kembali apa yang terserak …dan menjalin Tali Silaturahmi. Inysa Allah apabila ada luangan waktu saya bakal hadir pada acara di Pasar Festival dan Tasyakuran Ulang tahun Oom Jo’ .. masih bingung mengatur Jadwalnya sehubungan hari ini dan esok kebetulan ada acara Sarasehan Sekrertaris PT PLN (Persero) Seluruh Indonesia bertempat di Auditorium PLN … nach loe ..siapa yang bilang kemarin laki-laki Cupu kalau jadi Sekretaris.
Buat ROBEK’ers …SELAMAT ULANG TAHUN YANG PERTAMA … usia boleh saja masih muda tapi jangan pernah berhenti untuk mengkampanyekan Sepeda …, percayalah ..dalam kesendirian kadang terbersit Rindu untuk kumpul kembali … bergabung pada Kegiatan yang besar saling membantu dan tawa canda …yang tak terlupakan .. terima kasih atas pembelajarannya selama ini …
Jabat Erat,
KoeN

10 thoughts on “Kisah Berdirinya Robek

    1. Syarat jadi anggota robek itu bisa naik sepeda dan bersepeda ke kantor atau tempat beraktifitas lainnya.
      Kalo sepeda sih mau punya sendiri atau pinjam tetangga gak masalah om.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*