MSAB dewekan

MSAB Ian Lauda

*sharing cerita dikit yaa Om & Tante

Hari sabtu yang bikin gegana (gelisah, galau & merana). Pengen sepedahan tapi bangun kesiangan. Pas ngelongok keluar jendela, matahari nya udah nyereng bikin silao. Duh..mana sunblok udah abis. Biarin dah. kita jadiin aja gowes kuliner nya. Tujuan nya yang sudah diidam2kan, MSAB. Gowes dewekan? siapa takut!

*skip bagian yang rata-rata boring

Pas nyampe di Plaza Jambu Dua Bogor, udah pukul setengah dua siang. Baju di badan udah kelebes ama keringet. Tadinya pengen lewat jalan samping GOR arah ke aer mancur dan Istana yang adem karena banyak pohon, tapi justru lebih nanjak dan melambung. Akhirnya tetep aja lurus lewat jalan padjajaran. Sama aja sih, udah terasa lebih naek nanjaknya dari sini ke titik tujuan. Perlahan terus dikayuh sambil liat banyak mojang Bogor sepanjang jalan. hehe..lumayan bikin semangat. Di depan deretan FO, seperti biasa macet. Ini butuh skil tersendiri untuk menaklukan tanjakan plus kemacetan di panasnya siang hari. Untung saya punya jurusnya, yaitu ttb. Ngapain malu ttb, om ntuh aja sekarang juga ttb kok (tapi di tanjakan yg lebih ngehe). Kota Bogor lagi kena tren yang sama kayak Jakarta dan Bekasi: gali saluran aer. Jadinya badan jalan berkurang dan bikin macet. Duh..sopir angkotnya juga sama aja, tukang nyodok, tukang motong. Siaul!

Di depan terminal Baranangsiang, males banget kudu ikut muter arah ke kiri. Ttb aja lagi di persimpangan lampu merah, lurus. Nah mulai dari depan masjid raya rada enakan gowes nya. Tanjakan tiada akhir ini lebih adem karena pohon-pohon di pinggir jalan nya lebih banyak, lebih rapet dan lebih rindang. Lagi enak-enaknya gowes, perhatian saya tergoda oleh deretan penjual es dawet, es cendol dan es kelapa muda. Duh..sabar yaa.. Dikit lagi nyampe. Kalau diisi sekarang, nanti MSAB nya kurang nendang. Dadahin aja dah tuh tukang jualan semua.

Tibalah di jembatan Bale Binarum, tanjakan terakhir sebelum bunderan Ekalokasari. Buat saya ini masuk kategori tanjakan ngehe. Ada kali 30′ kemiringan nya, tapi lumayan panjang, hhm..500m kali yak (hehe..cemen buat master2 lainnya, tapi ngehe buat saya). perlahan digowes, santai aja. Dalem hati, ayo kamu bisa! Jangan ampe ttb lagi. Tapi akhirnya ngga kuat. Melipir juga di depan ruko Roti Unyil Venus. Yaah…cemen ah. Lagi ngos-ngosan ambil napas, pake diliatin lagi ama cewe-cewe kece di pinggir jalan. Orang-orang di dalem mobil dan angkot juga pada ngeliatin. Mungkin mereka mikir, gila kali nih orang, panas terik begini pake sepedahan nanjak di Bogor. hehehe..Abis nya pada ngeliatin nya begitu amat sih teteh.

Muter di bunderan, masuk jalan Sukasari lalu belok masuk jalan Lawang Gintung, ini sih jadi kayak jalur pendinginan sebelum dikit lagi sampe tkp. Lewat dari pabrik Boehringer, jalanan nya jadi turunan. Berkelok-kelok melibas tikungan ala Valentino Rossi, asyiiiikk. Tapi kudu lebih hati-hati. Karena ini jalur satu arah, kendaraan lain melaju lebih kenceng (mentang-mentang turunan) tapi masih ada juga pemotor yang nakal lawan arah. Sebel, pengen tuh saya teriakin “babi luh!” ke pemotor yang lawan arah. Tapi ntar saya digebugin lagi. Mana saya sendirian juga. Ya udah diemin aja, gondok doang dalem ati.

Akhir nya tepat pukul 2.20 siang sampe juga di tkp MSAB, Rumah Makan Purwakalih. Tempat yang disakralkan oleh master-master lainnya untuk bersantap siang dengan menu andalannya Sayur Asem. Okeh, begitu sampe langsung senderin sepeda. Cuti tangan lalu ambil botol air mineral (ngga dingin). Nyeeesss..ilang dah dahaga dari tadi. Lalu langsung nunjuk menu makanan. Untung, sayur asem nya masih ada. Pesen deh teh, nasi sepiring, sayur asem semangkok, tambah paru goreng ama bakwan udang. Wah..edisi kalap. Biarin, udah lapar nih.

Nunggu sebentaran, lalu semua pesenan dianterin ke meja. Pertama kita coba sayur asem nya. Seger. Pedes dan asem. Dan tidak terasa manis (karena ada juga yang nyayur asem, tapi rasanya manis). Sedaapp. Sayangnya, karena saya udah kesiangan, isi dari sayur asem nya udah pada lodoh (keempukan). Gapapa. Paru goreng nya disajikan basah. Ngga digoreng garing crunchy. I like it. Bakwan goreng nya mantap, ngga pelit udang. Tepung nya tebel, tapi udang nya juga banyak. Enak..enak..Dan ngga pake lama juga semua ini habis disantap. Alhamdulillah..kenyang.
Istirahat bentaran sambil foto-foto. Ngumpulin napas dan tenaga lagi. Trus bayar dah ke kasir. Ternyata semua menu tadi cuma ditebus pake selembar duit yang biru. Reasonable and affordable lah. Terima kasih yaa teh. Insya Allah ntar kapan-kapan mampir lagi.

Pas pukul 3 sore, dimulailah perjalanan gowes pulang. Udah kaga rame lagi diceritain nya, soalnya jalanannya turunan melulu.
Ya udah, segitu aja dah cerita saya. Terima kasih udah dibaca ampe bawah sini.
Semoga kapan-kapan bisa gowes kuliner bareng master-master Robek.
Salam dari newbie.

#Ini ceritaku, mana ceritamu?

IAN LAUDA
————————————————————–
naaaa na na nanananaaaa, nanananaaaa hey Jude!
——— COPAS message From: Ian Lauda To: “ROBEK@yahoogroups.com”
Date: 2015-10-26 11:43 GMT+07:00 Subject: [RoBek] MSAB dewekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*