MLM, Merosotin Lembah Manglayang

nte Evi, nte Yani, om MARSHAL ;p , nte oLa, nte Imel, om Tossi
nte Evi, nte Yani, om MARSHAL ;p , nte oLa, nte Imel, om Tossi

Tanggal 4 Januari 2014 lalu, ROBEKers O2 Team (singkatan dari tim Odong-Odong krn hobi main turunan offroad) mengadakan gowes MLM alias Merosotin Lembah Manglayang (Genteng Bungo) bertempat di Bandung Timur sebagai wadah  menyalurkan hasyrat sebagai pemuas dahaga akan adrenalin.

SELAMAT OM ONAL as EO,

SELAMAT OM BUDI  KORWIL as PJ

dan TIM  O2 lainnya atas SUKSESnya event offroad AM MLM ini !!!!!

BRAVO….!!!!

FOKE sebelum MLM
FOKE sebelum MLM

Alhamdulillah sampai merosot time berakhir, tidak terjadi accident yg serius secara fisik(tikusruk parah) dan kendala teknis lainnya (ban bocor atau putus rantai). Kotor, lelah, sepatu basah, lengket tanah…. terbagi SAMA RATA  di 41 peserta (berikut marshal Kang Indra 1PDN + temen2  C-PINTERKOJAKS Bandung).

Naik Truck n Pick Up Rame-Rame
Naik Truck n Pick Up Rame-Rame
Briefing, Loading, Praying
Briefing, Loading, Praying
om Djoko DJ, om AKJ, Om Udin, Om Budi naek diatas pick up...ajiiibbbbbb ;p
om Djoko DJ, om AKJ, Om Udin, Om Budi
naek diatas pick up…ajiiibbbbbb ;p

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Awalnya sempat mengitung kancing untuk ikut karena sudah lama sekali saya tidak join event off road ROBEKers sejak alm ibunda keluar masuk Rumah Sakit. Sekalinya ikut, itu pun trip on road di Jatiluhur kemarin. Masih terngiang ditelinga perkataan Om Jlithenk sewaktu saya masih newbie di ROBEK dan lulus track Tangkuban perahu-Cikole-Jayagiri (offroad pertama kali) bahwa OFF ROAD itu perlu untuk menambah skill handling bersepeda. Mulailah mencari tau review track, info spesifikasi sepeda karena woro2 di mailist bahwa jalur AM ini menuntut sepeda yang mumpuni for safety reason. NIAT BERSEPEDA  OFFROAD adalah tujuan saya. Bukan sekedar gegayaan ngeList nama, show off cari perhatian atau karena faktor eksternal lainnya. Setelah dapat info link profil track dari om Onal yang diposting temen2 Roger Bagen, kalimat inilah  yang membulatkan tekad saya untuk ikut , ” jalurnya aman buat newbie”.

offroad time
offroad time

Oleh karena itu saya berusaha untuk mencari pinjaman sepeda  mengingat skill msh newbie dan harus disupport dgn sepeda yg mumpuni agar dpt menyesuaikan timing dgn yg lain. Alhamdulillah saya dipinjami Specz SX Trial Jawara nya Om Wilman Jess. Berasa mimpi boleh dipinjami sepeda oleh racer TOP yg namanya bulak balik masuk majalah di kompetisi DH. Kang Indra, Om Udin dan yg lain sempat membicarakan sepeda impian ini. Maaf yah… saya duluan nyobain… xixiixixi ;p

Adalah keputusan tepat dan sangat bijak ketika  EO and team membagi rombongan dengan komposisi terdepan adalah mereka yang mau main cepat dan rombongan belakang yang bermain santai. Salut juga untuk Kang Indra n tim sweeper marshal yg selalu SETIA KAWAL hingga akhir perjalanan.

“…. Maka bergabunglah saya untuk menikmati jalur AM enduro yg maknyoss…”

Om Udin
Om Udin
Hutan Pinus
Hutan Pinus

Diawali masuk track menanjak untuk mencapai start gowes dari puncak PALINTANG, dimana single track dengan jarak tempuh kurang lebih 20 KM sampai dengan finish track jalur KIARA PAYUNG (tempat om Djoko sempet2nya pesan Indomie…hadehhhh…). Sampai di Palintang, sudah standby tenda biru tempat dibagikannya nasi timbel untuk makan siang yang masing2 dibawa rider. Lauk ikan asin/ayam goreng, lalap timun, sambal hingga kancing lepispun ada. Yang tidak bawa jas ujan, ada tabasa yang dijual di warung tenda biru. Seruputan teh manis merecharge kembali tenaga yang tadi melibas tanjakan awal. And the journey begin……

1529700_10201664923399727_293335242_o

Single track meliuk-liuk dalam hutan pinus jalur GENTENG BUNGO sangat saya nikmati walaupun dengan speed yang tidak kencang. Entah orang mau berkata apa, meneriaki apa, sabodo teuing yang penting I ENJOY MY RIDE IN MY COMFORT ZONE. Ya…41 kepala, 41 karakter terlihat saat gowes berombongan. Terlihat ada yg mendominasi ada yang berkicau, ada yang bersenda gurau menghilangkan penat, dan ada pula yang memilih membahas spesifikasi sepeda. Hal-hal seperti itu biasa dalam gowes bersama. Ada juga yang mengeluh serasa tertipu,  sewaktu di track kebo yg rusak krn motor trail “Salah info nih, katanya turunan, taunya hiking, gotong2 sepeda” katanya. “Yaaaaaaaah, dinikmatin sajalah om,” sahut saya. “Yang penting pulang nanti banyak cerita. Enjoy ajah,” sambung om Emil.

 

Untuk menangani diri Anda sendiri, gunakan kepala Anda. 

Untuk menangani orang lain, gunakan hati Anda. – Herman M. Koelliker –

 

om tosi 2

Diatas sepeda.. hati, pikiran, dan seluruh energi juga ambisi kita di damaikan agar satu sama lain bergerak selaras seiring dengan seni kayuhan yang mampu kita mainkan *cycle of life. Bagi saya, jalur kebo, menyebrangi sungai dengan menggowes kencang agar kaki tidak tercemplung/terbawa arus, tanjakan Mc Adams, jalur monorail yang licin adalah tantangan yang harus diselesaikan. Disini saya melawan musuh terbesar saya, yaitu diri sendiri. Karena Musuh yg paling besar adalah diri sendiri.

ketika hati memusuhi raga

kika nurani memusuhi jiwa

sesungguhnya musuh yang paling besar …

adalah diri kita sendiri

1553564_10201664925119770_598210260_o

Saya “digembleng” oleh alam, berperang melawan hawa nafsu dengan segala penat dan keluh kesah yang ada. Mental saya berasa diasah oleh track alami kuasaNYA. Jalur apapun itu, menanjak atau pun menurun is a MIND GAME. Di atas sepeda kita dilatih bijak: kapan harus mengerem diri, dan kapan melonggarkan tekanan, menjaga keseimbangan agar semua terkendali hingga tak jatuh tersungkur. Andaipun jatuh, bukan berarti boleh menyerah.

 

temen2  C-PINTERKOJAKS Bandung
temen2 C-PINTERKOJAKS Bandung

“Ayo teteh-teteh, kita maju yukkk ” ucap Teh Evi alumni Srikandi 3 wakil wilayah Bandung yang memberi semangat ke-4 LADY ROBEKers yang turut serta. Saling support adalah yang terbaik dalam segala hal. Tips and trick menghadapi jalur pun didapat by LEARNING BY DOING. Kekuatan kaki diatas pedal harus seimbang, posisi lengan lurus untuk handling yg baik, ritme rem yang dikomposisikan untuk membuat enjoy “gelosoran”, posisi bokong jauh diblakang sadle serta sharing ilmu lainnya langsung di praktekan di tempat. Sungguh pelajaran berharga!

 

Antri turunan... jaga jarak
Antri turunan… jaga jarak

Ketika turunan dalam track dengan letter U, kembali terngiang di telinga saya, “JANGAN DI REM…!!!!!”. Yesss,,,,,, ketika saya melepaskan tuas rem di kedua handle bar, subhanallah gravitasi yang dirasa sungguh tak terbantahkan. Saat itulah menikmati  turunan. Saat itulah penat dan peluh sirna. Saat itulah rasanya tidak perlu pergi jauh2 untuk mendapatkan sensasi REFERESHING ALAMI yang sesungguhnya. “Damn, ituuu tadi turunan sumpaaahhhhhhh…..asssyikkk bangettthhhhhhh” dalam hati saya berbicara. Ingin rasanya berteriak kegirangan tapi hati kecil mewarning, “jangan sesumbar, ini masih alami, bersyukurlah bisa menikmati”.

Adalah kepuasan tersendiri ketika berhasil mulus “merosot” melewati obstacle akar, bebatuan, dan stay focus. Yup, KONSENTRASI ! Sempat handling saya tidak stabil di single track karena sedikit lengan pegal. Apa jadinya kalau pakai MTB HT, sedang pakai Fullsus saja masih berasa pegalnya. Beruntung marshal yang setia kawal mengingatkan dari belakang “ayooo konsentrasi”. Nuhun Kang… hehehehhe.

Tuhan memberikan kekuatan pada siapapun yang meyakininya. Allahu akbar selalu terucap saat jalan menanjak dan dalam hati beristighfar disetiap jalan licin. Dalam menempuh beragam perjalanan saya terus menguatkan diri untuk terus menguatkan kayuhan dalam kelelahan. Disaat melewati jalur sendirian, suara jangkrik bersahutan yang menggema, heningnya keadaan dalam hutan, indahnya lukisan alam, suara gemericik air saat makan siang diatas batu di CIPACET yang dikelilingi bukit membuat adem hati dan fikiran saya.

 

makan siang di CIPACET
makan siang di CIPACET

Mengayuh, mengerem, menjaga keseimbangan, hingga menempatkan target, dan  berlatih pantang menyerah… itulah inti dari sebuah kesabaran. Tuhan bersama orang yang berusaha, bukan bersama mereka yang penuh galau dan keraguan. Keraguan adalah PANTANG bagi para PESEPEDA SEJATI.

Jangan pernah meremehkan kemampuan diri sendiri…dan alhamdulillah saya finish juga disambut dengan jempol dari om driver yang membawa rombongan tim CICCO (rombongan jersey ungu yah, CMIIW). Setiap saya lewat berpasasan beliau tersenyum dan mengacungi jempolnya. 3x dapet jempol semangat dan yang terakhir saya balas dengan jempol pula. (colek nte arie yg juga mendapatkan jempol sewaktu siap2 pakai dekker). Sepertinya beliau salut dengan para LADIES yang ikutan uji nyali di track AM ini. Well, do not underestimate the POWER OF WOMAN then… 🙂

 

Terimakasih untuk semua goweser yang berpartisipasi .Sekian testimoni saya semoga bisa memberikan manfaat dan insiprasi bagi ROBEKers. Mohon maaf jika terlalu panjang karena jemari ini hanya mengikuti kemana rasa ini menuju.

Lady offroad
Lady offroad


~oLa~
Go Green with “GoWes”
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
SAVE ENERGY:Use Low Emission for Transportation When Possible
@rollaeva

Date: 2014-01-06 4:19 GMT+07:0
[RoBek] Thanks to Peserta MLM
Robek Milist <ROBEK@yahoogroups.com>

 

nte Imel, nte oLa, nte Arie, nte Yani
nte Imel, nte oLa, nte Arie, nte Yani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*