Gobar(Gowes Bareng) SAVE MUGO, Muara Gembong Bekasi.18102014

Titititt….tititittt….tititititt…alarm dari Hp butut saya berbunyi tepat jam 04:00.ah Rasanya malas beranjak dari tempat tidur,banyak pikiran terbayang ikut atau tidak ya Gobar Ke Muara Gembong hari ini.males banget,tapi ternyata perasaan ingin bertemu lutung jawa lebih besar daripada rasa kantuk..its ok saya mesti bangun,siapkan baju dan peralatan yang diperlukan,cek sepeda dan peralatannya.rapih sudah semua dalam tas Panier baru saya.hehehe..Adzan subuh pun berkumandang dikedeketan,maklum tempat tinggal saya strategis deket mesjid.langsung saya pergi ke kamar mandi untuk bersih2,selesai itu segera shalat dan memakai Baju yang paling keren untuk Gobar kali ini,biar nanti pas di foto orangnya biasa aja tapi Bajunya yang keren.hahaha…Hp pun berbunyi lagi,ternyata si Aki dayat sudah menunggu ditempat janjian.padahal masih kurang 15mntan dari jam janjian 05:00.”Gila” pikir saya.si Aki gak sabaran banget ya,dikira ini Gobar ada hadiahnya .semangat yang tinggi dari si Aki membuat saya malu dan menambah hilang rasa kantuk ini.segera saya Siapkan sepeda dan langsung pergi menuju tempat janjian.sebelumnya saya mampir sebentar ke ATM untuk mengambil uang cash,konon katanya ditempat nanti tidak Ada ATM(kampung berarti) .langsung ketemu si Aki tanpa basa-basi gowes bareng menuju tempat tikum(titi kulum eh titik kumpul) di Piramida Terbalik di Kawasan perumahan Sumarecon Bekasi.ternyata kami pendatang pertama.ya iyalah waktunya tikum aja jam 06:00.

10153901_10203847066510944_6341677140842565676_nTunggu menunggu Kawan-kawan yang belum datang saya dan Aki berfoto-foto dibawah Piramida terbalik itu,ya mungkin karena itu hanya ada Di Kota Bekasi bukan di Kabupaten..tak lama kemudian datanglah Wakorwil,disusul mang Dewa dan seterusnya berdatangan yang lain.jam 06:30an waktu yang ditentukan untuk berangkat terpaksa diperpanjang karena menunggu sarapan pagi dan teman2 yang belum datang..iya saya belum cerita kalau saya lapar belum sarapan,udah gitu pas foto2 di Piramida Terbaliknya Sumarecon di marahin petugas.nasib padahal lagi seneng-seneng dan aneh-anehnya ngeliat lampu gemerlapan.setelah sarapan dan teman-teman terkumpul semua,Om ade selaku Panitia acara ini memimpin Doa dan sekaligus mengabsen siapa yang ikut atau tidak.total jumlah 22 peserta yang mengikuti gobar ini,menyusut dari jumlah yang ditentukan.yah mungkin yang gak jadi ikut mereka lelah,tapi kerennya Ada Om jito,chief Alfa,Om Mike,Om jefri dan yang lain2nya menjadi pengantar dan sedikit memberikan semangat,padahal saya tahu mereka mau nasi uduk haratisnya aja.
10154347_870167992993301_2195996685958452926_n

Tet jam 07:00an selesai berdoa kita langsung berangkat menuju muara gembong,jalur pertama menuju arah babelan dengan aspal dan crowdednya jalanan hari sabtu,pelan2 kami mengindik-indik diantara kemacetan,setelah melewati grand mutiara gading 3 perjalanan mulai lengang dan asyik untuk dilanjutkan,ingat trek yang dilalui itu walaupun pagi sudah terasa menyengatnya:mungkin bener kata orang-orang kalau Bekasi beda Planet dan lebih dekat dengan Matahari..halah ada-ada aja…belum lama perjalanan dimulai ban belakang Nte Anya bocor dan memaksa kami berhenti untuk memperbaiki.disinilah terlihat Om-om dari Robek sangat peduli membantu,yang pada akhirnya mereka nyerah juga dan dilanjutkan tukang tambal ban..beres nambal bayar goceng lanjut lagi perjalanan(pelajaran:kalau gobar jangan cuma bawa celana dalem,ban dalem tuh penting,#okesip)melewati pasar babelan om jefri yang sedari tadi mengawal dengan motornya berpamitan pulang..kita tetap lanjut perjalanan yang ah males diceritainnya panas bangetlah.jalan Alhamdulillah rata dan tidak ditemuinya hambatan..

10703873_10203847067710974_124076556897247383_nMelewati gapura Selamat Datang Di Muara gembong kalau gak salah.jalan datar beton berkelok menemani.pikir saya wah asyik nih jalannya bagus juga walau kekampung,panas yang mendera disepanjang jalan menjadikan warung-warung pinggir jalan bak oase di padang pasir.panas yang menyengat membuat kami banyak menghabiskan air minum dalam perjalanan.selepas istirahat sejenak di warung kita lanjutkan perjalanan dengan jalan berbatu karena aspal yang sudah rusak,tidak lama berselang ternyata Rombongan sepeda ini harus melewati sungai,tak ada pilihan lain selain harus menaiki perahu bersama sepeda kesayangan.asyik juga menyebrangi sungai sekitar 10mtran dengan perahu…selesai naik perahu perjalanan sesungguhnya baru dimulai.jalanan tanah kering setapak yang mulus namun berdebu harus kami lewati,para goweser berjibaku dengan panasnya matahari menyengat.saya gak ngitung berapa kilometer jalur ini,mungkin karena panas jalur terasa jauh.dikanan kiri tak ada pemandangan yang menarik selain gersangnya jalan dan seperi tambak-tambak yang terpakai yang terkadang beraroma kurang mengenakkan..eh iya selama gobar ini saya punya kesempatan jadi swiper,jadi saya bisa liat betapa kompak dan menariknya goweser nguler di jalur ini…memasuki area perkampungan jalan berubah menjadi aspal hancur yang belum di beton.terlihat dikejauhan pasutri Om emil dan Tante Imel sedang menolong Om Ansory yang mengalami keram.saya pun ikut berbaur dan beristirahat sejenak bersama mereka.beres Om ansory siap melanjutkan langsung tancap gas yang ternyata sudah dekat dengan kantor kecamatan Muara Gembong yang juga berarti finish.alhamdulillah nyampe juga sekitaran jam 10..

Suasana gersang,angin sepoi-sepoi menemani kami di Kantor Kecamatan Muara Gembong,disana kami disambut 3 Orang hebat dari Save Mugo.saya lupa nama mereka tapi setidaknya saya tahu tanpa mereka mungkin saja Saya tidak akan pernah tahu dimana itu Muara gembong dan apa saja disana.singkat cerita setelah istirahat sejenak kami mulai mengunci sepeda di kantor ini.beres,langsung briefing kecil masalah rule di perahu dan kemana tujuan kami akan berangkat..
1796534_10203847071311064_2368870184653450083_n (1)Yes berangkat Naik perahu juga akhirnya,rombongan bersama-sama menaiki perahu yang bisa menampung kami semua.totally 22 Robek,3 save mugo,1 orang Nahkoda dan 1 awak kabinnya hahaha,terlihat muka-muka yang begitu senang ketika akan menaiki perahu.kalian harus maklum walau sebagian tinggal didaerah yang katanya kota bekasi tapi malah disana tak ada perahu,yang ada hanyalah rakit di kalimalang.Pesawat dinyalakan,suara berisik keluar dari mesin diesel bututnya.memekakkan telinga tapi jangan salah kita semua malah tetap haha hihi diatas perahu.ada yang sibuk melihat pemandangan sepanjang perjalanan,dimana disisi kanan kiri banyak tanaman mangrove dan tanaman hijau lainnya yang menghiasi.perumahan sederhana warga juga banyak sepanjang perjalanannya.& nampaknya hampir setiap rumah punya perahu untuk mereka,Saya bingung ini disebut laut atau sungai.ini air muara mungkin tepatnya ya,berwarna hijau tua kurang menarik.mungkinkah kotor karena pencemaran lingkungan atau memang begitu warnanya?tapi apapun keadaannya banyak warga yang menggantungkan hidupnya pada sungai ini,terlihat warga ada yang mencuci baju,mandi live (telanjang:sayang yg telanjang anak kecilnya aja  )sementara diperjalanan ini team save mugo sangat baik hati menerangkan kehidupan daerah ini,juga menjelaskan kepada kami apa itu Tanaman Mangrove dan apa gunanya.banyak pelajaran kami dapat dari mereka,euh proud of you lah guys..
10678682_870341629642604_8457005661356049039_nSetengah jam sudah kami melaju diatas perahu sampailah kami disebuah dermaga kecil yaitu Desa Muara Beting,sampai ternyata tidak terlalu membahagiakan karena kami harus berjalan lagi sekitar 2 kiloan untuk menuju tempat tujuan penanaman mangrove..sepanjang jalan rapih paving blok kami bercerita,bercengkrama,berbagi dengan team save mugo.dikiri kanan rumah sederhana warga berjejeran.ah tanpa dijelaskan kamipun akan tahu kalau air sedang tinggi pasti rumah mereka terendam air.nampaknya kebanyakan warga menggantungkan hidupnya untuk menjadi nelayan karena terlihat disetiap rumah banyak pria yang sedang merakit jaring ikan dan ada pula yang sedang memperbaiki perahu..dikampung geting ini sudah banyak warung,mungkin karena ketempat ini juga banyak pendatang seperti kami yang lewat untuk menanam mangrove..Matahari masih terus panas membakar kulit kami dalam perjalanan.sesaat diperjalanan saya melihat perumahan abadi(kuburan) yang kondisinya terlihat menyedihkan karena selalu terendam air saat naiknya si air laut itu sendiri..Disini pun team save mugo mengarahkan ke arah Sekolah Dasar yang selalu terendam air rob.ah hai teman hai pemerintah tempat ini butuh dibantu.sampailah kami di tempat yang dituju,sebuah Tempat yang dijadikan seperti sebuah perpustakaan.ditempat ini teman-teman saya sudah colong start makan siang duluan.maklum sudah jam 12an lewat kami belum makan siang.Wah saya juga lapaaar segera saya simpan tas dan mengambil piring yang tersedia.menu makan siang kali ini dipersembahkan warga sekitar.nasi,udang goreng,ayam bumbu kecap dan lalapan yang tidak lupa sambelnya.rasanya pun enak sangat,tapi sayang disayang saya tidak bisa menikmati udangnya karena alergi.hiks….10603299_870342272975873_7729202362203011145_nrombongan makan dan ada yang beristirahat,ada pula yang shalat dzuhur.air yang dipakai wudhu terasa asin mungkin karena ini dekat sekali dengan laut.saya merasakan itu..waktu terus berlalu sudah jam setengah 2an,sepulang shalat saya kaget melihat teman-teman sedang mengenyot-ngenyot es..waah mau,ternyata itu es yang dibuat dari buah pidada Mangrove juga.rasanya asem tapi seger banget dah..kami pun dibekali oleh-oleh dari warga.satu kantong kresek berisi Dodol buah pidada,keripik daun mangrove ,dan es tadi.semua bahan makanan ini dibuat dari tanaman mangrove(enak juga)..karena satu dan lain hal kami tidak jadi menanam mangrove nya.sangat disayangkan sekali pemirsa,kami mungkin hanya bisa menyumbangkan tanaman tanpa bisa menanam langsung.semoga suatu saat bisa tercapai untuk ikut menanam.kami pun berjalan kembali menuju dermaga tadi,menuju tempat selanjutnya Muara Bendera.

Perahu terus melaju ke arah yang kami tuju,perjalanan kali ini lebih lama dan disepanjang jalan lebih banyak ditemui perahu-perahu yang lebih bagus dan besar.rumah-rumah nelayan pendatang dipinggiran,langit panas namun biru yang indah ciptaan Allah menaungi.setelah cukup lama perjalanan kami pun disuguhi pemandang epic,banyak lutung jawa disebelah kiri perahu terlihat dikejauhan.waah kami pun senang walau melihat monyet,padahal bukan wanita seksi itu.kapal terus berlalu,kami diajak kedekat laut lepas dan lahan yang jadi abrasi hanya untuk sekedar memutar.sayang-sayang disayang nelayan ini ternyata para pendatang dari segala tempat.mereka banyak menggunakan hutan lindung untuk tinggal yang pasti akan mengganggu habitat mangrove dan lutung jawa..ah pemerintah mana peduli,ini jauh dari kota.acara 86 di Net TV pun tak akan sampai sini untuk menangkap nelayan liar yang menggunakan soda api untuk membunuh tanaman mangrove dipinggir laut.setelah mati tempat itu bisa mereka tinggali.kampret ah mereka..

10710595_10203847065310914_8055242449728350971_nTibalah di Muara Bendera.ada sebuah plang keren dari Dishub yang menuliskan,selamat datang di muara bendera kecamatan Muara Gombong.hihi mereka salah,Gembong kali pak.makanya jangan cuman nempelin plang,uruslah tempat ini.perahu bersandar,ah gila pikir saya terlihat lutung-lutung jawa bertengger begitu jelasnya.kami bisa puas melihat mereka bergelantungan,berpindah dari satu dahan ke dahan lain.ah kami penasaran,saya dan rombongan pun menapaki jalan setapak dari bambu.memasuki kawasan ini kami diajak melihat-lihat tanaman Mangrove.terlihat banyak papan nama larangan berburu Monyet dan lutung jawa.Miris hewan yang dilindungi dan sedang berkembang ini banyak diburu oknum yang tidak bertanggung jawab.ah inilah indonesiaku dengan kebodohannya.kami pun diajak kepinggir pantai dengan landasan tanah lumpur kering yang retak-retak.yups inilah tanah yang terkena abrasi.disini kami berfoto-foto bersama,sekedar mengabadikan momen dan bernarsis ria.padahal sepanjang perjalanan diperahu ataupun diperkampungan tidak henti-hentinya kami berfoto…wah sayangnya kamera saya tidak bisa menjangkau jelas gambar lutung jawa ini,tapi kapan lagi kita bisa melihat hewan liar yang eksotis ini sedekat dan sebebas ini.Senang rasanya,inilah gobar yang saya rasa sangat edukatif sekali.
Waktu sudah menunjukkan setengah 4 sorena.kami harus pulang,bye-bye muara karang dan lutung jawa yang takkan kami lupakan.perahu beranjak pergi ditemani ucapan selamat tinggal dari 3 putri kecil penduduk daerah ini..pulang menuju kecamatan muara gembong kembali,burung-burung camar pun beterbangan diatas kami seakan mengatakan terima kasih dan mengucapkan goodbye.langit perjalanan pulang lebih bersahabat karena cuaca mulai tidak terlalu panas,para rombongan banyak yang menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat termasuk saya.lumayan 1 jam lebih diperahu saat pulang ini.

Perahu bersandar kembali ditempat semula dikecamatan muara gembong,kami pun berpamitan pada nahkoda dan si awak kapal yang hitam kulitnya

tanpa basa-basi banyak yang langsung menyiapkan sepeda untuk pulang karena hari sudah sore..saya pun menyusul teman-teman yang sudah lebih dulu shalat Ashar di mushola arah pulang.ah benar saja saat saya shalat,rombongan meninggalkan saya.nasib jadi swiper,saya pun menyusul tergesa-gesa rombongan,untung Om ade dan kakak Fredy  menunggu saya di simpang jalan.lintasan off road sepanjang 10kman lebih menanti,ah pemandangan sunset saat itu indah sekali.subhanallah,sayang saya tidak bisa mengabadikan karena tergesa menyusul rombongan.sepanjang jalan ini banyak tambak dan tanaman mangrove yang tertanam bagus dan rapih.tampaknya lahan ini memang sudah dibantu oleh sebuah perusahaan ternama,dilihat dari papan nama yang terpajang.gelap datang kami terus bergesa menggowes tunggangan kami,istirahat sebentar-sebentar saja untuk menunggu yang tertinggal.jalan berkerikil dan gelap membuat banyak kesusahan untuk kami,kelap kelip lampu sepeda dari rombongan terlihat bagus didepan saya,akhirnya sampailah kami dijalan yang kami nanti,aspal oh aspal.kami langsung melaju bak kesenangan.ditengah perjalanan kami sempat berisitirahat disebuah tempat makan soto babat dan nasi uduk untuk sekedar mengganjal perut.perjalanan tidak jauh lagi,setelah puas mengisi perut kami pun lanjut perjalanan.diperjalanan ini saya lihat om eko mendorong om hiero.yes inilah brotherhood dari sebuah komunitas.keren Om eko.macet kami lewati,maceeet?berarti kami sudah dekat dengan kota Bekasi.beberapa teman mulai memisahkan diri menuju tempat tinggal masing-masing.saya dan rombongan tetap berlanjut menuju Finish di Piramida Terbalik sumarecon.sampai semua kumpul sudah,hanya om fredy yang tak kami tahu kabarnya,katanya dijalan tadi dia kena keram.tapi saya tidak melihat dijalan.oke mungkin om fredy langsung pulang..kumpul dan kami harus berpisah.saling berjabat tangan,mengucapkan terima kasih dan saling meminta maaf pun terucap.dangan ini perjalanan berakhir dan sukses menurut versi saya.Rombongan berpisah,melanjutkan ketempat tinggal masing-masing,you are awesome guys..

Lelah rasanya sampai dirumah,tapi bersyukur hari ini perjalanan indah sudah saya lewati bersama teman yang sudah saya anggap keluarga sendiri.banyak pelajaran yang saya ambil dari perjalanan ini,rasa kebersamaan,pertemanan dan pastinya rasa bersyukur yang lebih lagi setelah melihat semuanya.hari yang penuh canda dan ledekan,ah hari ini hari yang indah.

Terima Kasih saya Ucapkan kepada Robek.om ade sang panitia,om dewa sang RC,teman-teman robek yang lain yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu karena saya tidak apal pastinya.hehehe..Terimakasih juga Om-om dari Save Mugo(teruskan perjuangan kalian,kalian luar biasa),sang nahkoda kapal dan awaknya yang baik hati mengantarkan karena mungkin dibayar.para Warga Muara gembong,kampung geting,Muara merdeka dan sekitarnya(saya doakan hidup kalian kedepannya lebih sejahtera).beribu maaf saya ucapkan jika ada kesalahan penulisan nama,waktu,tempat,gelar ataupun apapun itu.saya siap dikoreksi dan menerima masukan.terima kasih & mohon maaf semuanya.terimakasih Allah atas nikmatmu ini.

10710816_10203847061910829_1323371863456363457_n

Disclaimer : Diceritakan oleh om Aep Komo on fb..